link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

Apa itu Program Pakan Biotek (PPB)

Biotech Feed Project (BFP) atau Program Pakan Biotek (PPB) adalah sebuah inisiasi yang berfokus pada pemanfaatan dan pemrosesan limbah pertanian menjadi pakan ternak alternatif yang disebut sebagai ("Pakan Biotek). Program ini terinspirasi dari fakta lapangan bahwa kondisi peternakan masyarakat yang kurang produktif. Kebanyakan peternakan lokal dilakukan secara tradisional, yaitu dengan melepas ternak (free grazing) ke lingkungan sekitar, sehingga ternak mencari makanannya sendiri.
gambar contoh pemeliharaan sapi tradisional
contoh pemeliharaan sapi tradisional



Sistem ini terbukti kurang efektif karena saat ini persediaan rumput semakin terbatas. Untuk mendapatkan pakan yang cukup, ternak harus berjalan cukup jauh dan menghabiskan banyak energi. Karena sebagian besar energi yang diperoleh dari makanan tersebut digunakan untuk berjalan, maka proses pertumbuhan ternak menjadi tidak maksimal. Di sisi lain, sistem ini juga berpotensi menimbulkan konflik dan gesekan sosial. Sebagai contoh, ternak bisa masuk ke komplek perumahan dan buang hajat sembarangan.

 Contoh lainnya, dengan sistem melepas bebas ini, ternak bisa saja masuk ke lahan pertanian atau perkebunan dan merusak/memakan tanaman petani lainnya dan berujung pada konflik. Dan yang paling ditakutkan adalah, sistem tradisional ini juga bisa berujung pada pengrusakan properti dan bahkan menghilangkan nyawa, seperti kejadian kecelakaan di jalan raya yang disebabkan oleh ternak.

Di sisi lain, potensi limbah - limbah pertanian yang masih bisa dimanfaatkan sebagai pakan cukup besar. Ada jerami padi, bongkol jagung, pelepah sawit, ampas tahu dan kedelai, dan laiinnya yang semuanya tersedia murah-melimpah yang bisa difermentasikan menjadi pakan biotek. Sayangnya, kebanyakan limbah tersebut tidak diolah menjadi sesuatu yang bernilai guna, melainkan diolah dengan cara terbelakang, yaitu dengan cara membakarnya yang bisa merusak kesuburan tanah dan menyebabkan polusi.

pemanfaatan jerami padi untuk pakan ternak
pemanfaatan jerami padi

 Terbatasnya pengetahuan dan kompetensi masyarakat lokal dipercaya menjadi penyebab utama mengapa limbah-limbah tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal. Selain itu, dimensi sosial-kemasyarakat juga berperan dalam membentuk kebiasaan dan cara pandang masyarakat terhadap sesuatu.

Program Pakan Biotek (PPB) ini bermaksud untuk menyelenggarakan training dan praktek lapangan tentang bagaimana memanfaatkan limbah-limbah di sekitar menjadi pakan biotek yang bisa diberikan kepada hewan ternak. Sebagai pakan alternatif, pakan biotek ini diharapkan menarik secara ekonomi dan lingkungan, murah, mudah, tersedia dalam jumlah melimpah, namun tetap mengandung nutrisi yang tinggi. Program inisiatif ini diharapkan menjadi solusi bagi peternak lokal  kala persediaan rumput segar sangat terbatas (seperti pada saat musim tanam).

pemanfaatan jerami padi untuk pakan ternak
pemanfaatan jerami padi untuk pakan ternak

Hasil yang diharapkan dari program ini adalah masyarakat lokal menjadi tahu dan paham tentang proses pembuatan pakan fermentasi dan menerapkan teknologi ini pada peternakan mereka.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu Program Pakan Biotek (PPB)"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel