link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

perbeda ayam kampung ayam joper dan ayam ras

Dunia perunggasan saat ini semakin menarik saja. umumnya masyarakat  mengenal ayam yang cepat tumbuh dan cepat berproduksiadalah ayam ras.tetapi sekarang masyarakat mungkin sudah bosan dengan ayam ras kerana yang beda dengan ayam kampung, sehinga terbuka peluang usaha ayam kampung.

kali ini saya akan membagikan ilmu tentang Beda ayam kampung ayam joper, ayam ras, dan ayam kub semoga bermanfaat.
Menurut wikipedia Ayam kampung adalah sebutan di Indonesia bagi ayam peliharaan yang tidak ditangani dengan cara budidaya massal komersial serta tidak berasal-usul dari galur atau ras yang dihasilkan untuk kepentingan komersial tersebut.
seperti pengertian diatas ayam kampung mempunyai kelemahan tidak dipelihara secara intensif/ diumbar. sehingga sekarang mulai muncullah ayam untuk memenuhi kebutuhan tersebut, yaitu antara lain ayam aka( ayam kampung asli)/ ayam buras(bukan ras), ayam joper(jawa super) ayam pejantan( jantan petelur), ayam kub(ayam kampung unggul balitnak) .
dari berbagai jenis ayam tersebut apa bedanya ? , oke akan saya jelaskan.

Ayam ras

yaitu ayam yang telah direkayasa secara genetik sehingga mempunyai potensi genetik  dan efisien dalam penggunaan pakan dan produksi baik daging dan telur yang optimal.
biasanya ayam ras merupakan ayam yang berasal dari luar negri.  ayam ras ada 2 yaitu ayam ras petelur dan ayam ras pedaging(broiler)






Ayam kampung asli (AKA) merupakan ayam jawa asli atau disebut ayam buras(bukan ras).artinya adalah ayam kampung murni /asli yang dipelihara secara intensif.
Ayam kampung dapat disembelih mulai usia 4 bulan dengan berat sekitar 8 ons, sedangkan betinanya bisa mulai bertelur mulai usia 6 bulan.

 tentu ayam ini mempunyai kelemahan yaitu:
 -Mempunyai pertumbuhan yang lebih lambatr.
Ayam kampung baru dapat dipanen pada umur 5 atau 6 bulan, sehingga tidak efisien dalam penggunaan pakan.
 -Lebih rentan terhadap penyakit karena bukan berasal dari varietas unggulan. Pada umumnya terjadi perkawinan inbreading atau sedarah, kemungkinan akan muncul gen yang buruk semakin besar.
 -Pada umumnya ayam kampung diumbar jadi kurang tercukupi nilai gizinya. Hal tersebut mempengaruhi produktivitas ayam. Ayam baru dapat berproduksi mulai umur 6 bulan ke atas.
 -Mempunyai karkas/daging yang lebih sedikit.
 -sulit mendapatkan bibit yang unggul

kelebihan
-harga jual reatif tinggi dan stabil
-mempunyai pasar tersendiri
-penanganan tidak terlalu repot

Ayam pejantan petelur.
merupakan ayam layer(ayam ras petelur) yang berkelamin jantan.
 merupakan limbah dalam industri usaha ayam petelur, kerana dalam usaha ayam petelur yang dipakai adalah ayam betina, nah sebagian orang memanfaatkan ayam ini untuk dijadikan sebagai pengganti ayam kampung.

kelebihan ayam ini adalah pertumbuhannya yang lumayan cepat yaitu dalam 1 bulan bisa mecapai bobo 1 kg. kerana ayam ini merupakan keturunan ayam ras, dan rasa ayam ini mendekati ayam kampung.
yang sering dijual diwarung atau rumah makan sebagai ayam kampung kemungkinan adalah ayam jenis ini. sedangkan untuk kelemahannya adalah sulit dalam memperoleh bibitnya dan lebih rentan terkena penyakit kerana merupakan keturunan ayam ras.

ayam joper (jowo super)
merupakan persilangan antara ayam petelur(ayam ras) atau layer betina dengan ayam kampung atau ayam bangkok, artinya adalah persilangan antara ayam kampung dengan ayam ras.

kelebihannya adalah sebagai berikut:
 -Mempunyai pertumbuhan yang cepat dibanding ayam kampung biasa, jadi lebih cepat dipanen.
- Mempunyai daya tahan yang bagus.
 -Mempunyai citarasa yang enak dan padat mendeati seperti ayam kampung.
 -Berasal dari indukan pejantan ayam bangkok yang berpostur besar dengan betina ayam petelur sehingga ayam kampung super bisa dijadikan ayam pedaging atau ayam petelur.
-mulai banyak orang yang membudidayakan ayam ini.
-pasar mulai banyak terbuka
-dapat digunakan sebagai ayam yang menghasilkan telur.
 kekurangannya yaitu:
-potensi genetik ayam tidak sebagus ayam ras, kerana biasanya yang dipakai sebagai induk ayam joper adalah ayam ras petelur final stok yang disilangkan yama bangkok atau ayam kampung.

Ayam kub

KUB merupakan singkatan dari ayam kampung unggul BALITNAK.
 ayam ini merupakan hasil penelitian Balai penelitian ternak . 

Ayam ini adalah hasil seleksi ayam lokal yang ada dijawa barat dan DKI selama 6 generasi. saya sendiri lebih tertarik pada ayam ini kerana merupakan persilangan ayam kampung unggul.
satu lagi poin plus ayam ini adalah mendapatkan sertifikat dari kementrian pertanian 274/Kpts/SR.120/2/2014 sebagai ayam unggul, artinya ayam ini telah diakui sebagai ayam kampung yang unggul.

 kelebihan ayam ini adalah sebagai berikut.
 Bobot badan dewasa 1200-1600 gram
•    Bobot telur 35-45 gram
•    Umur pertama bertelur lebih awal (20-22 minggu)
•    Produktifitas telur lebih tinggi (160-180 butir/ekor/tahun)
•    Produksi telur(henday) 50%
•    Puncak produksi telur 65%
•    Lebih tahan terhadap penyakit
citarasa tentu sama dengan ayam kampung,
sedangkan kelemahannya adalah masih suit mendapatkan bibitnya kerana masih sedikit dan sulit yang membudidayakan dan masih tahap penelitian.
Bil ingin lebih tau mengenai ayam kub bisa ke postingan berikut ini



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "perbeda ayam kampung ayam joper dan ayam ras"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel