pengertian beternak ayam sistem kemitraan

usaha beternak ayam pedanging bagi pemula memenglah cukup riskan, kerana terdapat banyak resiko. umumnya bisnis peternakan ayam ada dua yaitu
bisnis ayam broiler atau ayam pedaging umumnya ada dua pola, yaitu mandiri dan kemitraan.

Bisnis Peternakan Ayam Potong Sistem mandiri

Jenis Usaha mandiri ini Maknanya Semua Kebutuhan budidaya ternak ayam Broiler potong ini ditanggung Sepenuhnya oleh peternak. ini Artinaya peternak harus Menyiapkan Semuanya Sendiri mulai dari Bagaimana pembuatan kandang, Pengaturan penyediaan bibit, Pemberian makanan, Penyiapan obat-obatan, Aneka perawatan, Sistem panen Sampai Bagaimana Nanti caranya untuk pemasarannya ayam hasil panen.

usaha ayam potong broiler pedaging
usaha ayam potong broiler pedaging

namun demikian sistem peternakan ayam Mandiri maka semua Keuntungan Adalah Hak MIlik peternak. namun Jeleknya peternak  Harus Mengatur Semuanya Sendiri dan kalau Terjadi Resiko, semisal wabah penyakit ayam, bobot tidak tercapai dll maka Maka Semuanya peternak Juga Yang Menanggung.

usaha ayam potong broiler mandiri
usaha ayam potong broiler
Keunggulan dari sistem mandiri pada ayam potong broiler  adalah keuntungan bisa lebih maksimal karena harga sapronak bisa lebih murah. Peternak bebas memilih jenis sapronak yang diinginkan, seperti strain bibit DOC, merek pakan, dan OVK sehingga kualitasnya juga bisa lebih terjamin (tergantung kondisi permodalan). Harga jual ayam juga bisa lebih tinggi karena biaya pemasaran lebih rendah.

sebagai pertimbangan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum beternak ayam potong broiler secara mandiri.

1. Kekuatan modal usaha ayam potong broiler



Sebelum memutuskan beternak ayam broiler dengan sistem mandiri, peternak harus mempersiapkan modal terlebih dahulu.  usaha bidang peternakan adalah usaha jangka panjang, untuk modal Jumlahnya juga cukup besar. ingat Jangan sampai usaha berhenti di tengah jalan karena kekurangan modal. Modal usaha peternakan ayam broiler meliputi biaya sewa atau biaya pembuatan kandang, pembelian sapronak, serta biaya operasional usaha ayam potong broiler

2. Keterampilan beternak ayam potong broiler

sebelum beternak kita harus tahu dulu ilmunya, jangan anggap usaha peternakan ayam potong broiler itu mudah. Keterampilan beternak mutlak sudah dikuasai peternak. dalam sistem mandiri ditanggung sendiri dan tidak ada bimbingan dari ahlinya murni harus belajar sendiri mengenai memelihara ayam yang baik. Dengan demikian, taruhannya adalah modal yang telah dikeluarkan, jangan sampai kita rugi.  Bisa jadi modal habis, bahkan tidak kembali jika performance ayam broiler buruk. Selain itu, peternak yang telah menguasai keterampilan beternak dapat mencegahnya dari kecurangan yang anak buah atau orang kepercayaan dapat dilakukan oleh pekerja kandang atau anak kandang.

3. Kemampuan memasarkan produk (pengetahuan tentang pasar)

Pemasaran merupakan bagian penting dalam rangkaian beternak ayam broiler. Percuma beternak mandiri jika produk yang dihasilkan tidak dapat dijual atau dipasarkan. selain itu peternak harus bisa membaca situasi pasar. jika ayam sudah memasuki masa menjelang dipanen, dan melihat harga sedang tinggi maka tahan dulu sampai harga stabil tinggi. dengan catatan ayam dalam keadaan sehat.  tetapi jika harga cenderung turun maka sebaiknya segera dipasarkan.

Selain itu, sesuaikan jumlah ternak yang dipelihara dengan kemampuan penjualan dan hindari waktu panen yang terlalu lama karena dapat mengakibatkan performance ayam turun.

4. membangun Jaringan bisnis ayam potong broiler

sebagai pengusaha ayam potong broiler mandiri membangun jaringan bisnis/konektifitas  diperlukan untuk memperlancar proses persiapan produksi, produksi, dan pemasaran. Jaringan bisnis dapat dibangun dengan penyuplai DOC, penyuplai pakan, penyuplai OVK, dan para tengkulak, broker, atau penjual ayam broiler. Semakin banyak dan kuat jaringan, semakin mudah menjalankan usaha



tetapi jangan khawatir jika anda masih pemula  bagi pebisnis ayam pemula kini ada sistim kemitraan ayam.

Bisnis Peternakan Ayam Potong sistim kemitraan ayam

sistim kemitraan ayam  konsepnya adalah senbagai berikut.


gambar konsep pola kemitraan ayam konsep pola kemitraan ayam  potong broiler pedaging
konsep pola kemitraan ayam  potong broiler pedaging
Konsep kemitraan ayam atau yang biasa orang kenal dengan sistem kontrak kita bekerjasama dengan perusahaan ayam.   Pengertian Kemitraan ayam adalah kerjasama yang saling menguntungkan dan saling memperkuat antara usaha kecil dan usaha menengah/besar dibidang Peternakan atau dibidang Kesehatan Hewan. perusahaan atau disebut dengan  inti berkewajiban menyediakan sarana produksi yang meliputi pakan, bibit ayam/DOC, obat vitamin vaksin dan tenaga pembimbing teknis (PPL, dokter hewan), sedangkan peternak yang bertindak sebagai mitra berkewajiban menyediakan kandang, peralatan, operasional, dan tenaga kerja.



sistem usaha kemitraan ayam
usaha kemitraan ayam
Keuntungan dari sistem kemitraan ayam/kontrak adalah peternak mendapat jaminan pemasaran dan kepastian harga ayam, selain mendapat bantuan modal kredit sapronak dan bimbingan teknis. Peternak hanya fokus dalam beternak dan berusaha semaksimal mungkin agar performance ayam optimal. Peternak tidak memikirkan fluktuasi harga karena yang dipakai dalam perhitungan laba rugi adalah harga kontrak. untuk pemula sangatlah disarankan.
skema hak dan kewajiban peternak kemitraan
hak dan kewajiban peternak kemitraan
 sedangkan hak dan kewajiban perusahaan adalah sebagai berikut

gambar hak dan kewajiban perusahaan kemitraan kemitraan ayam  potong broiler pedaging
hak dan kewajiban perusahaan kemitraan ayam  potong broiler pedaging
Nah  kerja sama tersebut dituangkan dalam dokumen kontrak yang disepakati kedua belah pihak. Isi dokumen kontrak tersebut antara lain kontrak harga sapronak, harga jual ayam, bonus prestasi, dan SOP atau aturan main kerja samanya. Selain itu peternak kadang juga menyerahkan jaminan berupa biasanya sih seperti bpkb motor, atau yang lain. tetapi ada juga kemitraan yang tanpa jaminan.

Dasar hukum penyelenggaraan kemitraan usaha di indonesia sudah jelas yaitu yang terbaru adalah undang undang no 41 tahun 2014 bisa kawan download disini sedangkan yang lama adalah  Undang-undang No. 9 Tahun 1995 tentang usaha kecil jadi ngga takut dan was was lagi kerana payung hukum sudah jelas.
 .
gambar ayam kemitraan
sistem keitraan ayam potong pedaging

selain mempiunyai kelebihan sistim ini juga mempunyai kekurangan. Kelemahan sistem kontak adalah keuntungan peternak relatif lebih tipis karena ada tambahan harga sapronak (untuk keuntungan inti). Selain itu, ketika harga di atas nilai kontrak, harga ayam dalam perhitungan rugi laba tetap menggunakan harga kontrak yang berlaku meskipun biasanya ada kebijaksanaan dari inti (tergantung kesepakatan/kontrak awal) Dalam satu tahun, realisasi di lapangan tidak selamanya kedua belah pihak memperoleh keuntungan.

Dari pengalaman peribadi kadang kala  selama saya memelihara ayam ketika inti memperoleh keuntungan (dari penjualan sapronak dan selisih harga pasar), mitra mengalami kerugian. Sebaliknya, ada kalanya mitra untung, tetapi inti mengalami kerugian. Untuk itu, hendaknya antara mitra dan inti bisa saling memahami satu sama lain sehingga terjalin kerja sama yang saling menguntungkan karena ada kalanya untung dan ada kalanya rugi, baik pihak inti maupun plasma.

bila sudah mahir dalam sistim kemitraan saya sarankan untuk beraalih kesistim mandiri, yang semuanya kita yang mengatur, mulaui dari  sarana produksi yang meliputi pakan, bibit ayam/DOC, obat vitamin vaksin dan tenaga pembimbing teknis (PPL, dokter hewan), kandang, peralatan, operasional, dan tenaga kerja agar keuntungan kita menjadi maksimal.


semoga kawan kawan semua dapat memahami isi dari artikel ini dan semakin semangat beternak ayam hehehe...

Salam cinta dari ujung kandang. 
hidup peternakan indonesia !!!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "pengertian beternak ayam sistem kemitraan "

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel