link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

Pemeliharaan itik fase grower yang baik

MANAJEMEN PEMELIHARAAN ITIK FASE GROWER: >8 MINGGU–20MINGGU
 Manajemen pemeliharaan fase grower adalah kelanjutan dari posting sebelumnya yaitu pemeliharaan itik fase starter.  pemeliharaan fase grower/ pertumbuhan terdiri dari:

1.PENYIAPAN KANDANG
Hal-hal yang sebaiknya menjadi perhatian peternak diantaranya:
a.Bentuk kandang

  • Berupa  kandang  kelompok  dengan  lantai  postal.  Bahan  lantai  bisa berupa  kombinasi  semen,hamparan  batu  atau  tanah  dengan  kondisi kering dan mudah dibersihkan
  • Kandang  sebaiknya  terdiri  atas  bagian  naung  dan  terbuka  untuk umbaran.  Kandang  ini  memberikan  kesempatan  itik  untuk  exercise melatih perototan sebagaI  persiapan tahapan produksi telur dan mencegah itik kegemukan akibat kurang gerak. Atap naung melindungi itik dari hujan,angin dan terik matahari.
b.Daya tampung maksimal ternak/meter persegi kandang yang bernaung 8 ekor
c.Manajemen Perkandangan:
  • Persiapan  kandang  sebelum  digunakan  yaitu  membersihkan  kotoran dan  sisa  pemeliharaan  sebelumnya, kalau memungkinkan kandang dicuci dengan deterjen, disemprot desinfektan dan ditaburi bubuk kapur  merata  pada  lantai  kandang. Apabila  kandang kotor  sekali  dan benar-benar kosong dari ternak dapat di lakukan   penyemprotan dengan fumisid (formalin desinfektan) dengan dosis 10 ml/liter air dan dibiarkan selama 2 hari.
  • Pastikan semua peralatan (tempat pakan, minum, alat kebersihan, dll.) telah tersedia,berfungsi dengan baikdan dalam kondisi bersih.
  • Setelah  ternak  masuk,  membersihkan  kotoran  di  kandang,  tempat pakan  dan  minum  secara  rutin  (seminggu  sekali  untuk  kandang  dan setiap hari untuk tempat pakan dan minum)



2.PENYIAPAN PAKAN DAN MINUM
a.Macam tempat pakan
1)Tempat pakan  menggunakan talang  air  ukuran  dengan  kapasitas  8 ekor/meter
2)Tempat air menggunakan talang air ukuran dengan kapasitas 8 ekor/meter

b.Manajemen Pakan dan Air Minum
1)Pakan   dapat menggunakan   pakan   jadi   pabrikan   untuk   ayam/itik groweratau  menggunakan  formulasi  pakan  sendiri  menggunakan bahan pakan lokal yang sesuai kebutuhan itik grower.
2)Kebutuhan gizi itik grower

3)Waktu pemberian pakan diberikan sebanyak dua kali pagi dan sore
4)Hal  penting  dalam  pemberian pakan dalam fase grower adalah jangan berlebihan  karena  akan  menyebabkan itik kegemukan dan dewasa kelamin dini (itik bertelur di umur 4 bulan)
5)Pemberian air minum diberikan secara adlibitum (tersedia terus menerus)
6)Pemberian Pakan

sekian kawan, untuk kelanjutan posting ini adalah manajemen pemeliharaan itik fase finisher. sekian semoga bermanfaat, salam cinta dari ujung kandang,, hidup peternakan indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pemeliharaan itik fase grower yang baik"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel