link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

mengenal ternak domba diindonesia

Domba  di indonesia merupakan  hasil  dometikasi  manusia  yang  sejarahnya diturunkan  dari  3  jenis  domba  liar,  yaitu  Mouflon  (Ovis  musimon)  yang  berasal  dari  Eropa  Selatan  dan  Asia  Kecil, Argali (Ovis amon) berasal dariAsia Tenggara, Urial (Ovis vignei) yang berasal dari Asia.

Domba seperti halnya kambing, kerbau dan sapi, tergolong dalam famili Bovidae. Kita mengenal beberapa bangsa domba yang tersebar diseluruh dunia, seperti:
1.   Domba  Kacang  /  lokal  /  kampung 
adalah   domba   yang   berasal   dari   Indonesia



























2.   Domba   Priangan  
berasal dari Indonesia dan banyak terdapat di daerah Jawa Barat.

3.    Domba Ekor Gemuk
merupakan domba yang berasal dari Indonesia bagian Timur seperti Madura, Sulawesi dan Lombok.

4.   Domba   Garut
  adalah   domba   hasil   persilangan   segi   tiga   antara   domba kampung, merino dan domba ekor gemuk dari Afrika Selatan.

Di  Indonesia,  khususnya  di  Jawa,  ada  2  bangsa  domba  yang  terkenal,  yakni  domba  ekor gemuk yang banyak terdapat di daerah  Jawa Tengah dan Jawa Timur dan domba ekor tipis yang banyak terdapat di Jawa Barat. Manfaat  dari  ternak  domba  diantaranya  adalah    sebagai penghasil    daging    yang    merupakan sumber protein dan lemak hewani.

Selain   daging,   susu   domba   mengandung   nilai    gizi    yang    cukup    tinggi    sehingga    dapat  dimanfaatkan  sebagai  alternatif  minuman  kesehatan  untuk  mensubstitusi  susu  sapi,  namun  sampai  saat  ini  pemanfaatan  susu  domba belum memasyarakat selayaknya pemanfaatan susu sapi. Hasil ikutan lain yang dapat dimanfaatkan dari ternak domba diantaranya adalah bulu domba yang dapat digunakan sebagai bahan baku tekstil serta pemanfaatan kotoran domba yang dapat dimanfaatkan sebagai sebagai bahan baku pembuatan pupuk organik.
 posting selanjutnya saya akan menulis tentang budidaya ternak domba. nantikan yah, sekian dan terimakasih :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "mengenal ternak domba diindonesia"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel