link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

KENAPA MATA AYAM BENGKAK ?

Kenapa mata ayam saya bengkak ? Apa hubungan nya dg pilek & ngorok ? Bingung ? COLOK SAJA. :V
Biar gak bingung lihat dulu gambar tengkorak ayam dibawah - di ayam saluran pernafasan mulai lubang hidung selalu BERHUBUNGAN dg rongga mata, sehingga gangguan apapun pada saluran nafas juga akan berpengaruh ke rongga mata yg menyebabkan terjadinya kebengkakan di mata.


Bbrp penyakit dg gejala sama seperti di bawah ini :

1. ILT - penyakit krn herpesvirus menyerang Laring + Trachea - makanya namanya jadi Infectious Laryngo Tracheitis. Menginfeksi saluran nafas dalam shg keluar lendir, krn saluran udara tersumbat lendir maka saat bernafas udara keluar lewat rongga mata makanya keluar BUSA di rongga mata. Karena sulit nafas jadi ayamnya megap2 saat ambil udara. Jika penyakit sdh parah radang akan melukai trachea shg ayam bisa batuk utk mengeluarkan lendir + darah.

2. SNOT/
CORYZA - penyakit krn bakteri haemophillus menyerang pernafasan atas shg ayam.mengeluarkan ingus yg jika + bakteri coli akan mengental & mendesak ingus kental itu ke bagian bawah mata shg mata bawah bengkak & berisi material spt keju.

3. CRD/NGOROK - penyakit krn bakteri mycoplasma menyerang saluran pernafasan shg trachea berlendir, saluran udara yg menyempit akan membuat suara ngorok setiap kali ayam bernafas.

4. SHS /KEPALA BENGKAK - penyakit krn virus, menyebabkan pilek di ayam yg jika + bakteri coli akan menyebabkan terjadinya penumpukan exudat diseluruh rongga sekitar mata akibatnya semua rongga mata atas & bawah akan bengkak & seolah-olah seluruh kepala jadi bengkak. Penyakit ini juga sering dikelirukan dg CRD & diobati antibiotik tapi gak sembuh2 krn antibiotik memang hanya utk membunuh bakteri tapi tdk bisa menghancurkan virus sbg penyebabnya.

Sekarang kita bisa mulai membedakan jenis2 penyakit berdasarkan kebengkakan nya - jila masih bingung  bisa tanya tanya lagi, saya juga masih belajar :) .
Matur nuwun.
Semoga bermanfaat.
salam cinta dari ujung kandang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "KENAPA MATA AYAM BENGKAK ? "

  1. Saran ni sobat Blogger :D
    Untuk menampilkan iklan yang relavan saya sarankan dipasang di Header, Sidebar, dalam artikel blog, dan pada bagian akhir potingan. Dijamin bakalan yahd...

    salam dari https://imamkunblog.blogspot.com

    ReplyDelete

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel