link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

Bagaimana cara membedakan kualitas daging sapi?

halo kawan semuanya kali ini saya akan membagikan ilmu bagaimana cara membedakan kualitas daging sapi? sumber artikel ini saya kutip dari quora.com dengan sedikit perubahan. semoga bermanfaat.
 bagaimana cara membedakan kualitas daging sapi
 cara membedakan kualitas daging sapi

Kualitas daging sapi di indonesia masih sangat kurang diperhatikan. Hal ini kurang banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia karena memang secara umum kualitas daging sapi di Indonesia memang tergolong rendah karena kualitas pakan dan perawatan yang juga kurang baik dibandingkan di negara Eropa. ditambaha lagi daging sapi masih tergolong mahal. lah iya wong makan daging sapi 1 tahun sekali pas idul kurban. wkwkw per kilo bisa mencapai 120 ribu/kg.
gambar daging sapi berkualitas baik
daging sapi berkualitas baik
Sebenarnya Cara paling mudah dalam memilih daging sapi berkualitas adalah dengan melihat banyaknya marbling dan tingkat kemerahan warna daging. Apa sih itu marbling...?  Marbling merupakan serat-serat lemak intraseluler yang terdapat pada daging. Mudahnya, ia merupakan guratan berwarna putih yang berada di antara merahnya daging, tampak seperti pola pada batu marmer (marble). berikut adalah gambar marbling dan kualitasnya.


gambar marbling daging sapi
gambar marbling daging sapi


Marbling menurut strukturnya  merupakan serat-serat lemak intraseluler yang terdapat pada daging. gampamngnya, yaitu  guratan berwarna putih yang berada di antara merahnya daging, tampak seperti pola pada batu marmer (marble).  semakin banyak marbling dalam daging maka kualitasnya semakin baik. Banyaknya serat akan meningkatkan rasa juicy atau citarasa dari daging saat dikonsumsi, utamanya bila dihidangkan sebagai steak, ham, dan yakiniku. Marbling juga merupakan indikasi dari baik tidaknya kualitas pakan dan perawatan dari ternak tersebut. Semakin buruk kualitas pakan, marbling akan semakin sedikit, dan mengakibatkan grade daging akan semakin rendah dan harga jual daging juga akan jadi semakin murah. Contoh daging berkualitas tinggi adalah daging sapi wagyu atau sapi kobe yang berasal dari Jepang. seperti yang kita tau sapi sapi tersebut harganya sangat mahal. salah satu faktornya adalah marblingnya yang membuat mahal.

gambar daging penuh marbling
gambar daging penuh marbling
Di Indonesia sangat jarang ditemukan daging lokal dengan marbling yang banyak. Hal ini karena peternakan di Indonesia cenderung bersifat tradisional yang hanya memanfaatkan limbah pertanian sebagai pakan sapi sehingga pakan berkualitas rendah. Selain itu sapi juga dirawat seadanya tanpa memerhatikan animal welfare (peri kehewanan), sehingga sapi cenderung stress selama perawatan dan penyembelihan.

Selain dari banyaknya marbling, kualitas daging juga bisa diprediksi dari tingkat kemerahan warna daging. Pernah kan merasa heran mengapa daging hasil kurban Idul Adha kemarin saat dimasak cenderung memiliki rasa yang kurang enak dibandingkan daging biasanya?  kok bisa yah, alasannya yaitu dikarenakan seringkali cara penyembelihan saat Idul Adha yang tidak profesional sehingga membuat sapi dipotong dalam keadaan stress tinggi.
Kalau diperhatikan, daging dari sapi yang disembelih dalam keadaan stress akan dicirikan dengan warna merah yang lebih gelap dari biasanya. Namun, di pasar, ada pula kasus dimana ditemukan daging berwarna merah gelap yang dijual ternyata bukanlah daging sapi melainkan merupakan adalah daging kuda. Daging kuda bisa dicirikan dari warna merah gelap, serat daging yang lebih kasar, dan konsistensi daging yang lebih alot.

Selanjutnya, kalau warna daging yang cenderung merah pucat dan berair, bisa jadi daging tersebut berasal dari sapi glonggongan.

kualitas daging saat Idul Adha
daging saat Idul Adha

 Daging sapi yang normal cenderung berwarna merah terang. Apabila anda menemukan daging sapi berwarna merah pucat dan tak berair, ada kemungkinan daging tersebut bukanlah daging sapi melainkan daging babi (babi domestik, bukan babi hutan/celeng). Daging babi hutan/celeng cenderung paling sulit dibedakan dengan daging sapi karena sangat mirip dari segi warna. cara membedakan daging sapi dan daging babi atau celeng

sekian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.
salam cinta dari ujung kandang.
 hidup peternakan indonesia !!!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana cara membedakan kualitas daging sapi?"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel