link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

bagian-bagian daging sapi dan olahan masakannya

Daging sapi enaknya dimasak rendang atau sate ya? Yakin mau dimasak gitu aja. Udah pada tau belum daging-daging yang sering dijual dirumah makan steak? Mulai dari T-bone, Prime Ribs, dan Sirloin.
Bingung cara memasak bagian daging yang berbeda? ayo kawan  Kenali dulu bagian-bagian daging sapi.
 
gambar bagian bagian daging sapi
bagian bagian daging sapi

1.Chuck
Chuck atau dikenal juga dengan seven bone steak adalah bagian daging sapi yang terletak pada area leher dan gumba sapi. Biassanya bagian daging ini diolah menjadi chuck roast, chuck arm roast, dan  flat iron steak
Daging ini memiliki banyak jaringan ikat serta kadar kolagen yang tinggi, sehingga karakteristiknya cukup alot, namun memiliki aroma yang baik.  Oleh  karena itu, daging bagian leher ini palung baik bila dimasak perlahan dalam api kecil atau dijadikan semur. 

2.Round atau Rump
Daging ini merupakan daging yang terletak pada bagian belakang.  Round memiliki kadar lemak yang sangat sedikit, namun karena letaknya dekat dengan kaki belakang bagian daging ini menjadi sedikit keras. Namun bagian daging ini tetap popular sebagai olahan masakan seperti rump roast/steak, top round roast/steak, bottom round roast/steak, eye of round roast/steak dan ther sirloin tip center roast/steak. Karena teksturnya yang cukup keras, daging ini paling baik jika dimasak dengan cara dipanggang atau ditumis.

3.Brisket
Brisket merupakan bagian dada bagian bawah dari sapi. Seperti bagian Shank atau kaki, daging ini memiliki tekstur yang cukup keras dan akan terasa sangat alot kecuali bila dimasak dengan baik. Brisket ini memiliki dua bagian utama yaitu Brisket flat cut dan brisket poin cut. Agar dapat menciptakan cita rasa yang enak, bagian brisket ini paling tepat bila diasap terlebih dahulu kemudian ditumis dalam api kecil sehingga bumbu dan minyak dapat meresap kedalam daging. Brisket ini juga merupakan salah satu daging favorit untuk dijadikan Barbeque.  

4.Ribs
Ribs atau dagig rusuk merupakan salah sau bagian daging yag dianggap paling baik, dan terkenal dengan teksturnya yang kenyal, lembut, marbling yang baik serta rasa yang gurih. Namun daging ribs ini hanya mencakup daging tulak rusuk ke 6 sampai 12 dari sapi.
Olahan Ribs merupakan salah satu olahan daging yang cukup terkenal seperti Prime Ribs dan Rib-eye steak/roast. Prime rib ini merupakan potongan tulang rusuk yang disajikan bersama tulangnya, sedangkan rib eye tidak disajikan bersama tulangnya. Prime rib ini seering digunakan untuk jenis makanan konro khas Makassar. Cara memasak daging Ribs yang terbaik adlaah dengan dimasak kering dalam waktu yang cukup lama, seperti metode grilling.  

5.Short Plate
Daging Short Plate ini terletak pada bagian depan perut sapi dibawah tulang rusuk/ daging ini memiliki banyak jaringan kartilago dan lemak serta cukup keras. Beberapa bagiannya yaitu short ribs, hangar steak, dan skirt steak. Karena teksturnya yang cukup keras, daging ini paling baik bila dimasak secara braised atau ditumis.
gambar bagian bagian daging sapi
bagian bagian daging sapi
6.Flank
Flank merupakan potongan panjang dari bagian otot abdominal/perut dari sapi. Daging ini merupakan salah satu daging yang paling keras dari bagian sapi. Flank biasanya dipotong-potong dalam bentuk tipis memanjang. Karena teksturnya yang keras, daging ini biasanya dimasak dalam metode moist seperto dikukus kemudian ditumis dalam minyak. 

7.Tenderloin
Tenderloin merupakan bagian favorit dari pecinta daging karena teksturnya yang paling empuk. Tenderloin merupakan potongan daging dari bagian punggung belakang sapi. Tenderloin merupakan daging yang tidak memiliki serat atau otot  Beberapa olahan tenderloin diantaranya  fillet mignon, T-bone, dan porterhouse steak steak. Fillet Mignon berasal dari bahasa Perancis, murni daging has/tenderloin. T-Bone adalah daging yang memiliki tulang berbentuk T yang dikelilingi oleh daging pada kedua sisinya, tenderloin pada satu sisi dan short loin pada sisi yang lain. Sedangkan, Porterhouse merupakan T-Bone yang di flip horizontal sehingga kandungan daging tenderloin lebih banyak dibanding short loin. Karena itu daging ini dapat dimasak hampir dengan metode apa saja, namun paling baik bila dimasak dalam keadaan kering seperti dipanggang atau dibakar dengan grilling. Bagian ini sering sebagai bahan baku steak, sate, rendang atau semur.

8.Sirloin
Sirloin juga merupakan potongan bagian punggung belakang sapi, letaknya hanya setelah Tenderloin. Meskipun tidak seempuk Tenderloin, bagian ini tetap popular sebagai bagian daging yang empuk dari sapi. Sirloin terdiri dari top sirloin, bottom sirloin, dan center-cut. Olahannya yang terkenal diantaranya yaitu tri-tip steak, fillet of sirloin, dan ball tip roast. Daging ini paling baik bila dimasak secara grilling. Namun bisa juga dimasak dengan cara ditumis, sautéed atau pan-fried.

9.Shank
Shank merupakan bagian daging dari kaki sapi dan merupakan bagian daging paling keras. Hal ini dikarenakan kaki merupakan bagian tubuh sapi yang paling sering digunakan sehingga mengandung banyak jaringan otot yang membuat daging menjadi lebih alot. Meskipun begitu, bagian daging ini merupaka bagian daging paling murah dan dapat menjadi masakan yang enak bila diolah dengan tepat. Salah satunya dimasak dalam kelembaban tinggi dan dalam waktu yang lama. Bagian shank ini juga dapat digunakan dalam sup dan stew dengan dipotong-potong kecil atau dijadikan olahan daging seperti bakso. 

Sumber artikel : delishably.com dan steakysteve.com
Sumber gambar : thepreparedpage.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "bagian-bagian daging sapi dan olahan masakannya"

  1. wah penjelasanya sangat lengap, terima kasih banyak ya mbak. Bisa jadi rujukan buat istri ne jika ada urusan dengan masak-memasak daging. Informasinya sangat lengkap.

    ReplyDelete
  2. mas saya nitip blog saya ya http://akibtegoprasetyo.com

    ReplyDelete
  3. wah mantap... pas banget momenya sama idul qurban

    ReplyDelete
  4. Ane salah satu penyuka bagian Tenderloin gan, hihi. Rasanya emang empuk, selera makan jadi bertambah.

    ReplyDelete

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel