link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

prospek Ayam unggul SenSi-1

hy kawan blog ely, kali ini saya akan membagikan ilmu tentang Ayam SenSi-1 Agrinak.   Ayam SenSi-1 Agrinak merupakan singkatan dari sentul terseleksi pertama karya balai penelitian ternak, badan litbang pertanian, meruupakan salah satu galur murni( pure line) ayam lokal pedaging unggul, yang dapat dimanfaatkan sebagai ayam niaga (final stock) dan atau sebagai ayam
tetua(parent stock).

Dilepas dengan surat keputusan mentri pertania nomer:39/kpts/pk.020/1/2017 tanggal 20 januari 2017 tentang pelepasan galur ayam SenSi-1 Agrinak.
Latar belakang terciptanya ayam SenSi-1 agrinak


Perkembangan industry intensif ayam lokal sebagai sumber daging ayam brkembang terussebagai akibat ari semakin dikenalnya daging ayam lokal yang mempunyai citarasa dan sebagai bahan kulinasi khas. Perkembangan ini memacu pemanfaatan berbagai sumber daya genetic (SGD) ayam lokal nasional untuk dimanfaatkan sebagai sumber daging. Oleh kerana itu tersedianya salah satu galur unggul ayam lokal pedaging dapat meningkatkan penyediaan bibit DOC, sekaligus peningkatan efisiensi budidayawan. selain ayam Ayam  SenSi-1 ada juga nih ayam unggul lainnya yaitu ayam KUB

Proses seleksi galur

Galur ayam SenSi-1 agrinak merupakan  hasil seleksi fenotip dan bobot badan umur 70 hari, selama 6 genersi dar rumpun ayam sentul, SDG ayam asli kabupaten ciamis ayam asli kabupaten ciamis jawa barat. Rumun ayam  sentul ini telah ditetapkan dengan SK Mentan RI No.35/Kpts/pK.020/1/2017 tanggal 20 Januari 2017. Rumpun ayam ini mempunyai postur tubuh tubuh yang khas dan domonan warna abu polos yang khas.

Upaya pemurnian galur ayam dengan memilih warna domonan abu dan warna pucat(putih bercak hitam) serta bentuk jengger kacang, yang disertai dengan seleksi ayam jantan ndengan bobot hidup 25%  tertinggi pada umur 70 hari. Kriteria seleksi ini dimaksudkan untuk mendapatkan keseragaman penampilan san perbaikan bobot hidup. Kriteria yang tidak dilakukan pada ayam betina , kecuali warna bulu adalah bertujuan  agar sifat sifat ketahanan tubuh ayam SenSi-1 agrinak tidak banyak berubah dari ketahanan tubuh rumpunnnya.

Selain kriteria seleksi yang diperlakukan pada rumpun ini, lingkungan yang optimum, tidak maksimum, terutama kualitas pakan ditempatkan pada 17% protein kasar dengan 2800kkal ME/Kg selama masa pertumbuhan selama 20 minggu. Pertimbangan ini dilakukan  dalam rangka mengantisipasi kondisi pemeliharaan dipeternak . pemberian pakan dengan kualitas baik ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan dan nilai ekonomis lebih baik.

Karakteristik dan keunggulan ayam SenSi-1 agrinak ada dua varisi bulu
1.    SenSi-1 agrinak bulu abu abu
•    Variasi bulu abu abu dengan keragaman 65%
•    Bentuk jengger kacang pada umur 70 hari
•    Bobot tubuh anak umur satu hari (day old chick/DOC) 29,7gram/ekor jantan betina.
•    Bobot tubuh umur 70 hari, jantan 1000gram/ekor, betina 800gram/ekor.
•    Feed conversion ratio (FCR) sampai umur 70 hari 2,7-3,7
•    Bobot umur 20 minggu untuk ayam jantan  2381 gram/ekor dan betina 1528 gram/ekor
•    Produksi telur umur 29-45 minggu mencapai 52% , bobot telur 44,5gram/butir.
•    Relative tahan terhadap penyakit.

2.    SenSi-1 agrinak bulu pucat(putih bercak hitam)
•    Variasi berwarna bulu pucat dengan keseragaman 95%
•    Bentuk jengger kacang pada umur 70 hari
•    Bobot tubuh anak umur 1 hari (day old chick/DOC) 30,5gram/ekor jantan betina
•    Feed conversion ratio (FCR) sampai umur 70 hari 2,7-3,7
•    Bobot umur 20 minggu untuk ayam jantan  2424 gram/ekor dan betina 1619gram/ekor
•    Produksi telur umur 29-45 minggu mencapai 52% , bobot telur 44,8gram/butir.
•    Relative tahan terhadap penyakit


bila kawan masih penasaran seperti apa penampakan ayamnya mari simak vidio berikut 

sekian kawan ilmu yang dapat saya bagikan, apabila ada salah kata dalam penulisan saya mohn maaf yang sebesar besarnya. salam cinta dari ujung kandang. hidup peternakan indonesia !!!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "prospek Ayam unggul SenSi-1"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel