link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

ISMAPETI wadah organisasi mahasiswa peternakan terbesar di indonesia


Assalamu ‘alaikum Wr. Wb  hy kawan blog ely, kali ini saya akan posting tentang apa itu ISMAPETI.

ISMAPETI adalah singkatan dari Ikatan Mahasiswa Peternakan seluruh Indonesia.  ISMAPETI adalah wadah bagi mahasiswa peternakan antar Perguruan Tinggi yang ada di seluruh indonesia untuk menyalurkan aspirasinya melalui organisasi.

visi misi.
islampeti Ikatan Mahasiswa Peternakan seluruh Indonesia
ISMAPETI
 Bersama mengadakan kegiatan berarti untuk Indonesia.
Mendeklarasikan Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) untuk mewujudkan cita-cita Mahasiswa Peternakan Indonesia.
Bersatu untuk Belajar dan Berkarya.

SEJARAH BERDIRINYA ISMAPETI

Sebelum ISMAPETI dideklarasikan pada tanggal 18 April 1983  di Wiswa Hening Griya, sebelah selatan gedung ini (Wisma Taurus, BBPTU-HPT Baturraden) purwokerto.  sebelumnya telah ada organisasi mahasiswa peternakan se Indonesia yang bernama “Kongres Mahasiswa Peternakan Indonesia” yang disingkat KMPI. kemudian  KMPI melaksanakan Konggres  I pada tahun 1975 di IPB dan  Konggres II pada tahun 1978 di Universitas Udayana. Kongres III mestinya dilaksanakan di Universitas Jenderal Soedirman pada tahun 1981, namun gagal karena ada  perubahan kebijakan pemerintah tentang organisasi kemahasiswaan.

Gagalnya kongres ke III di Universitas Jenderal Soedirman karena :


  • Pada tahun 1977/ 1978 para mhs melakukan gerakan korektif menentang kecurangan pemerintah orde baru dlm pelaksanaan Pemilu dan menentang hasil Sidang Umum MPR yg dinilai tdk fair
  • Terjadi pendudukan militer atas kampus-kampus karena mhs dianggap telah melakukan pembangkangan politik.
  • Hal ini kemudian diikuti oleh dihapuskannya DEMA dan diterapkannya kebijakan NKK/BKK di seluruh Indonesia.
  • Kebijakan NKK dilaksanakan berdasarkan SK No.0156/U/1978 sesaat setelah Dooed Yusuf dilantik tahun 1979.Konsep ini mengarahkan mhs hanya menuju pd jalur kegiatan akademik, dan menjauhkan dari aktivitas politik karena dinilai secara nyata dpt membahayakan posisi rezim. 
  • Berdasarkan SK menteri P&K No.037/U/1979 kebijakan ini membahas tentang Bentuk Susunan Lembaga Ormawa di Lingkungan Perguruan Tinggi.
  • SK menteri P&K No.037/U/1979 tentang Bentuk Susunan Lembaga Ormawa di Lingkungan Perguruan Tinggi melarang segala bentuk organisasi kemahasiswaan yang tidak sesuai dengan  SK ini, sehingga KMPI tidak bisa dilanjutkan
Untuk mewadahi organisasi kemahasiswaan antar Perguruan Tinggi hanya boleh Ikatan Senat Mahasiswa Sejenis (ISMS) atau Himpunan Mahasiswa Jurusan Sejenis (HMJS).
Senat Mahasiswa Fakultas Peternakan Unsoed, sebagai pemegang mandat menyelenggarakan Konggres III KMPI tahun 1979, mengambil inisiatif untuk membentuk organisasi kemahasiswaan peternakan nasional yang sesuai  dengan SK menteri P&K No.037/U/1979
Tahun 1982 dilakukan penjajagan dan studi banding terhadap ISMS – ISMS yang sudah terbentuk (ISMAHI, ISMKI dll),

Untuk menyiasati agar ISMS Peternakan dapat terbentuk, pada bulan Desember 1982 dilaksanakan Pertemuan Pendahuluan Pembentukan Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia, dengan melibatkan 10 PT Peternakan yang pro terhadap NKK/BKK.
Pada bulan April 1983 diselenggarakan Musyawarah Nasional Senat Mahasiswa Peternakan se Indonesia untuk membentuk wadah : “IKATAN SENAT MAHASISWA PETERNAKAN INDONESIA” (ISMAPETI).

sekian kawan blog Ely semoga informasi yang saya bagikan bermanfaat, apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar besarnya, salam cinta dari ujung kandang, hidup mahasiswa peternakan indonesia !!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "ISMAPETI wadah organisasi mahasiswa peternakan terbesar di indonesia"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel