link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

sorgum, sumber protein lebih baik dari beras dan jagung

Hai kawan peternak muda, kali ini admin akan posting mengenai tanaman sorgum. mungkin agak asing yah dengan tanaman yang satu ini, ayo kita kenalan .



Sorgum (Sorghum spp.) adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri.
klasifikasi tanaman ini adalah sebagai berikut
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Poales
Famili: Poaceae
Genus: Sorghum

Info sorgum, buat tambah pengetahuan, Diluar negri tanaman sorgum digunakan sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara. Saat ini diindonesia sedang marak dikembangkan  tanaman sorgum. kawan peternak muda mungkin bertanya, kenapa dilirik ? ya tentu kerana sorgum merupakan sumber pangan pilihan memiliki potensi besar tidak hanya dalam bidang pangan, namun juga energi.

Instansi pemerintah yang saat ini melakukan riset tanaman ini adalah  Agroinovasi Balitbangtan Kementan  biasa disingkatBalitbangtan.  Balitbangtan  saat ini telah mengeluarkan beberapa varietas unggul sorgum, seperti Super-1 yang telah disebarkan dan dikembangkan di berbagai wilayah di nusantara, seperti NTT, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Mari simk vidio berikut yah
Dari vidio diatas dapat disimpulkan bahwa pemerintah saat ini sedang giat memberdayaan petani sorgum. lalu bagaimana dengan kandungan nutrisi dari sorgum ? mari simak tabel berikut ini gan.

kesimpulan tabel diatas secara umum kadar protein sorgum lebih tinggi dari jagung, beras pecah kulit dan jewawut, tetapi lebih rendah dibanding gandum. Kadar lemak sorgum lebih tinggi dibanding beras pecah kulit, gandum, jewawut dan lebih rendah dibanding jagung.  sehingga sangat potensial untuk dikembangkan sebagai anternatif kanan yang mengandung protein tinggi. Kandungan nutrisi sorgum tidak kalah dengan serealia lainnya. selain kandungan diatas ternyata sorgum juga mengandung asam amin loh, berikut datanya gan 

Sorgum juga  mengandung serat pangan dalam jumlah tinggi yang dibutuhkan tubuh (dietary fiber),  yang berfungsi untuk pencegahan penyakit jantung, obesitas, penurunan hipertensi, menjaga kadar gula darah, dan pencegahan kanker usus, penderita penyakit cardio vaskuler (penyakit jantung koroner/PJK), serat pangan berfungsi mengikat asam empedu sehingga menurunkan kadar kolesterol darah.   kandungan mineral juga tidak kalah hebat, mari kita simak tabel berikut 

Sorgum kaya vitamin B kompleks. Di antara vitamin B, kadar tiamin, riboflavin, dan niasin dalam sorgum sebanding dengan jagung wow luar biasa yah,. Kadar vitamin B sorgum, terutama niasin, juga  sangat bervariasi. Kadar tiamin sorgum dan jagung sama dan lebih rendah dibanding beras, gandum, dan jewawut. Sorgum mengandung riboflavin lebih tinggi dibanding gandum dan beras, sedangkan kadar niasin sama dengan beras. Kelebihan sorgum, kandungan besinya relatif lebih tinggi di banding serealia lainnya. jadi yang ingin sehat mari kita budayakan makan sorgum dari petani kita yah . 
sekian posting kali ini semoga bermanfaat dan menambah ilmu  untuk kita semuanya, salam cinta dari ujung kandang. hidup peternakan indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "sorgum, sumber protein lebih baik dari beras dan jagung"

  1. Menambah wawasan agraria saya, thanks gan

    ReplyDelete
  2. mantap gan artikelnya semoga bermanfaat gan

    ReplyDelete

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel