link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

mantap, inilah Pohon Kelapa dengan Cabang Terbanyak (41 Cabang)

Pada umumnya pohon kelapa tidak bercabang. Namun beda cerita dengan pohon kelapa yang tumbuh di Patrajasa Bali Resort, kawasan wisata Tuban, Bali, yang memiliki 41 cabang.  Museum Rekor Indonesia (MURI), pada tahun 2000an  mencatatnya sebagai pohon dengan cabang terbanyak di Indonesia, bahkan mungkin di dunia kerana saking banyaknya cabang.


Menurut sejarahnya, pohon kelapa ini ditanam pada 1972 dan  tumbuh di halaman belakang sebuah hotel hotel Patrajasa Tuban, Bali. pohon kelapa ini memiliki tinggi sekitar 18 meter. menurut cerita masyarakat sekitar sejak awal penanaman pada tahun 1976, pohon tersebut mulai tumbuh dan bercabang.

Berdasarkan penelitian secara organolebtik atau pengamatan yang dilakukan MURI akhirnya diperoleh hasil jumlah keseluruhan  ada 41 cabang, terdiri dari 28 cabang hidup dan 13 cabang mati.


Anehnya, setiap orang yang mencoba menghitung cabang pohon pasti berbeda jumlahnya. Bahkan saat penjurian, hasil yang dihitung MURI bersama juru mangku atau pendeta Hindu pun hasilnya berbeda. Mitos yang beredar dkalangan masyarakat jika mampu menghitung sampai tiga kali dan jumlahnya selalu sama maka doanya dan permintaan akan dikabul.

Pada awaknya pohon kelapa ini dianggap biasa saja oleh masyarakat. Saat pohon bercabang dua, oleh anak-anak nelayan setempat pohon ini sering dinaiki dan dijadikan tempat bermain. Namun pohon kelapa ini menunjukkan keangkerannya setelah cabang pohon kelapa kembali bercabang. Hampir setiap hari ada saja karyawan yang kesurupan.

Bukan hanya itu saja yang membuat pohon kelapa ini menjadi angker, keberadaan pohon kelapa ini juga membuat seorang bule yang kesurupan. Dulu ada tamu hotel turis asing kesurupan dan menggunakan bahasa Bali.

Dalam permintaannya, ruh yang merasuki turis asing itu meminta agar pohon kelapa bercabang tidak dipakai mainan. Ia juga meminta agar dibangun sebuah tugu di bawah pohon tersebut. Menurutnya, pohon kelapa ini dihuni oleh ratusan kera dan dayang-dayang pantai. Karenanya, ada banyak cabang dalam batang pohon kelapa.

Selain angker,  kendala yang dihadapi dalam pelestarian pohon kelapa ini adalah banyaknya cabang sehingga membuat pohon tak mampu menahan beban,  sehingga ruas batangnya terlihat retak-retak. Untuk menjaga kelestarian pohon, pihak pemilik memasang klem penjepit dan tiang penyangga agar tidak tumbang.
Penasaran bukan? Seperti apa keadaan pohon tersebut mari simak vidio berikut.
 


sekian posting kali ini semoga bermanfaat, salam cinta dari ujung sawah, hidup pertanian indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "mantap, inilah Pohon Kelapa dengan Cabang Terbanyak (41 Cabang)"

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel