link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

Domba unggul komposit Sumatera hasil persilangan dengan domba lokal Sumatera

pada kesempatan yang lalu peternakmuda telah mebagikan kondisi umum ternak di tpsp piyungan  dan  sejarah domba compass agrinak  pada kesempatan kali ini akan membahas Domba komposit Sumatera.

 Domba komposit Sumatera. adalah spesies domba yang unggul. Keberadaannya dikarenakan oleh perkawinan silang antara domba lokal dengan domba luar negeri. Persilangannya berhasil sempurna dan memiliki kelebihan lain dari pada jenis domba pada umumnya.

Domba Komposit Sumatera
Ini adalah bentuk persilangan domba lokal dengan luar negeri yang menghasilkan domba varietas unggulan. Ya, domba lokal asal sumatera disilangkan dengan domba St. Croic yang berasal dari Virgin Islands Amerika Serikat dan juga domba Barbados Blackbelly yang berasal dari Barbados Islands.

Jenis domba ini memiliki ciri berupa pola warna bulu beragam seperti putih, coklat, belang atau ada yang berpola warna Barbados Blackbelly.
Ada beberapa keunggulan domba komposit Sumatera, misalnya, mampu beradaptasi pada lingkungan tropis dan lembab. Selain itu, memiliki siklus reproduksi sepanjang tahun, lalu pertumbuhan yang baik (101 gram/hari) hingga memiliki jumlah anak sekelahiran sama dengan dengan domba lokal.
Jenis domba unguulan ini juga biasa disebut dengan domba sungai putih. Hal ini dikarenakan oleh tempat asalnya dimana proses persilangan dilakukan. Ya, sebuah lembaga penelitian yang berada di Deli Serdang Sumatera Utara ini menjadi tempat utama dalam menghasilkan varietas utama domba. Tepatnya berada di sungai putih sehingga domba komposit sumatra ini juga disebut dengan domba sungai putih.

Keunggulan Dari Domba Komposit Sumatera adalah sebagai berikut :

Kegiatan mengawinsilangkan domba lokal dengan domba luar hanya dikarenakan untuk mendapatkan jenis domba unggulan. dan, keunggulannya memang jelas sekali terlihat. Berikut adalah kelebihan yang dimiliki oleh domba sungapi putih ini.

Pertama adalah daya tahan hidup yang sangat kuat. Kelebihan utamanya bagi yang ingin menternakkan domba ini adalah kemampuan untuk tetap hidup normal dan sehat meskipun berada dilingkunga tropis maupun lembab. Oleh karena itu, akan sangat mudah untuk merawatnya karena kemampuan adaptasinya yang luar biasa.

Kedua adalah kemampuan reproduksinya. Domba varietas ini memiliki kemampuan reproduksi yang cukup cepat. Reproduksinya sepanjang tahun sehingga sangatlah pas untuk diternakkan di Indonesia. Maka dari itu, inilah yang bisa menjadi alasan Anda untuk melanjutkan rencana dalam mengembangbiakkan domba unggulan ini.

Ketiga ialah laju pertumbuhannya yang relatif cepat. Siapa sih yang tidak ingin melihat apa yang diternakkan akan lebih cepat tumbuh dan memiliki daya jual tinggi? domba komposit sumatera ini adalah jawabannya.

Laju pertumbuhan dari domba unggulan ini adalah 100 gram perharinya. Jika dilihat dari pertumbuhannya, maka hampir dipastikan jika dalam beberapa bulan, domba akan terlihat tumbuh dewasa dan siap untuk dijual dipasaran.

Keempat adalah bobot dari domba. Sudah semestinya jika bobot akan mempengaruhi nilai penjualan dari domba. Bobot dari domba yang sudah siap untuk dijual bahkan diekspor adalah ketika bobotnya sudah mencapai 48 kg. Nah, domba ini bisa mencapainya di usia lebih satu tahun. Ini berarti jika Anda dapat menjualnya saat menginjak usia lebih dari satu tahun.

Dalam kurun waktu satu tahun, domba betina akan sampai 22 kilogram, sedangkan untuk domba jantan akan memiliki bobot sekitar 35 kilogram. Tambah 6 bulan lagi, maka usia pejantan tadi akan sampai 48 kilogram dan siap untuk diekspor atau dijual.

sekian posting peternakmuda semoga bermanfaat, salam cinta dari ujung kandang. hidup peternakan indonesia.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Domba unggul komposit Sumatera hasil persilangan dengan domba lokal Sumatera "

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel