link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

6 Rahasia sukses beternak beternak kelinci


Hay kawan peternak muda. Assalamu'alaikum warahmatulloh wabarakatuh 

Posting sebelumnya admin peternakmuda telah membahas mengenai Prospek cerah beternak kelinci pedaging ,nah pada kesempatan kali ini, admin peternakmuda.com akan membahas 4 Rahasia sukses beternak beternak kelinci. artikel ini saya bagikan kerana "saya ingin sukses bersama, Ilmu yang tidak dibagikan barat pohon yang rindang tetapi tidak berbuah, mari Bagikan." 
oke agan langsung saja simak rahasia rahasia berikut 

Beternak Kelinci Versi saya sesuai pengalaman di kandang :


1. Langkah pertama pilih LOKASI ternak

syarat lokasi ternak kelinci yg ideal yaitu
- tempat yang teduh,adem ayem angin berhembus sembriwingg..
kelinci lebih tahan terhadap dingin dan ga kuat panass,kandang
terlalu panas bakal bikin banyak masalah pada kelinci.
- Sepi atau tenang ( walau kadang ada kelinci yg bisa adaptasi dgn keadaan brisik )
- jauh dari hewan2 lain yg mengganggu/predator misal ayam,anjing,kucing,tikus,macan gajah dan laen laen.. hehe..
- cari lokasi yg bersih,karena kebersihan sebagian dari iman...

2. Langkah kedua.Pilih Model KANDANG.

Ada banyak banget model2 kandang ga usah bingung2,ente2 tinggal pergi ke warnet buka www.google.com ketik aja "kandang Kelinci" atau ketik "Rabbit Cage" "commercial Rabbit Cage" nanti muncul 
dah tuh gambar2 kandang dari seluruh dunia haha.. tinggal pilih mana yg paling ente demen.. pertimbangin harga bikin nya,perawatan nya,kekuatan nya,ke praktisan nya 
jgn asal bikin yaa broo..
klo ane pribadi pilih kandang berbahan Galvanis walopun agak mahal dikit,tapi lebih memnuhi standar kebersihan di banding kandang kayu,bikin nya gampang,bersihin nya gampang,awet,praktis.
adapun ukuran nya kandang yg ane pake Tinggi : 45cm Lebar 50cm Panjang 75cm,bisa untuk breeding kelinci mini dan sedang,klo tuk kelinci jenis besar ora isoo... hehe..
jgn lupa perlengkapan kandang juga di siapin
-untuk air minum nya bisa pake Botol minum kelinci,Niple kelinci
- untuk tempat makan nya bisa pake tempat makan kucing,metal feeder,Jfeeder,gerabah tanah liat,atau yg lain yg penting kuat dan ga gampang tumpah.

3. Langkah Ketiga Pilih jenis yg akan di ternak

ini langkah yang paling susah karena akan banyak pertimbangan
karena tiap orang punya kesukaan nya masing2 pendapat masing2, beda jenis kelinci beda perawatan,tingkat reproduksi nya juga beda dll
pertimbangan misal:
a.harga beli nya mahal.. nanti jual nya susah??
b.harga beli nya mahal.. nanti jual nya mahal,tapi ternak nya susah..
c.harga beli nya mahal.. harga jual nya murah,tapi ternak nya gampang
d.harga belinya murah.. jual nya murah juga,cape doang dong? kapan maju nya? haha..
e. dan lain2 sebagai nya rasain aja sendiri wkwkwk..
saya pribadi lebih berat jatuh di kelinci jenis Rex/Standar rex,Lionhead (purebreed),lokalan (mixbreed) bagi yang belum tau jenis jenis kelinci bisa klik disini berikut ini alasannya gan 
alasan nya :
elebihan rex:
1. mudah cari bibit nya
2. mudah jual nya
3. mudah beradaptasi dengan kondisi kandang/jarang sakit
4. reproduksi lancar,anakan bisa diatas 5 ekor
5. Multifungsi bisa buat hias,bisa buat pedaging
6. bisa di konteskan
kekurangan rex:
1. makan nya lumayan banyak ( skitar 100/150gr pelet/hari) dan rumput
2. harga jual standar ga terlalu mahal
Kelebihan Lionhead:
1.mudah beradaptasi dengan kondisi kandang/jarang sakit
2.reproduksi lancar
3.makan nya sedikit ( skitar 50gr pelet/hari )
4.harga jual lumayan
5.Bisa dikonteskan
kekurangan lionhead:
1.susah cari bibit dalam jumlah banyak.
2.penjualan aga sulit ( karena msalah ini dan itu... )
3.jumlah anakan sedikit
4.hanya untuk hias,klo di sate dikit daging nya cuyy..
5.grooming atau perawatan bulu,suka ada yg gimbal
kelebihan Lokalan/mixbreed/campuran
1. mudah cari bibit nya
2. mudah jual nya
3. mudah beradaptasi dengan kondisi kandang/jarang sakit
4. reproduksi lancar,anakan bisa diatas 5 ekor
5. Multifungsi bisa buat hias,bisa buat pedaging
kekurangan lokalan
1. makan nya lumayan banyak ( skitar 100/150gr pelet/hari) dan rumput
2. harga jual murah
3.Tidak bisa di konteskan
jenis kelinci lain yg pernah sya coba ternakkan
-flemish giant
-New zealand white
-dutch
-English angora
-fuzzy lop
Tidak Berhasil..!! wkwkwk..

tiap2 jenis kelinci memiliki kekurangan dan kelebihan dan tiap peternak punya alasan masing2 dalam memilih jenis kelinci yg dia sukai ok broh?

4.Memilih Pakan ternak


Bakalan panjang nih klo bahas pakan mumet sya ngetik nya wkwkwk...
soalnya tiap orang punya pendapat masing2,punya resep masing2 punya cara masing2,punya merk masing2.. jadi MasMasGay aja dah ( masing masing gayanya ) wkwkwk..
klo di ternak kelinci saya
pagi di kasih makan pelet kelinci merk GF,krna mudah di dapat dan harga luamayan terjangkau.
untuk jenis rex dan lokal 100/150gr/hari indukan menyusui 200gr/hari,sore di kasih rumput (kalo ada)
untuk jenis Lionhead 50gr/hari menyusui 150gr/hari,sore timothi hay (klo ada) kenapa pemberian pelet di pagi hari? karena klo sore/malem nanti rebutan ama tikus2 kandang gitu..
begitu seterusnya,ga pake sayur2an kangkung bayem sawi mending masak pake indomie wkwkwk...

5. Tata cara dan operasional kandang,SOP 

Sesuai kondisi disini,peternakan di mulai dari membeli anakan jenis rex umur 2 bulanan,betina 8 dan jantan 2 ekor,jantan minimal 2 ekor krna untuk antisipasi klo ada salah 1 yg mandul/mati,tapi jantan jgn terlalu banyak juga,sayang pakan..

Sebelom kelinci tsb masuk kekandang sebaik nya kandang di semprot dlu pake disinfectan merk RODALON,dan Kelinci di spet dengan KEPROMEC oral untuk mencegah penyakit ( dosis 0,1ml/kg berat badan, klo kelinci nya berat 3kg brarti obat nya 0,03ml,gitu gan..)cacingan dan scabies.

Sekarang kelinci2 tsb baru berumur 2 bulan,sedangkan umur yang baik untuk di kawinkan untuk jenis rex 6 bulan,berarti kita harus ngerawat 4 bulan sampe mreka bisa di kawinkan.
perawatan harian sebelum bisa di kawinkan :

- jam 7 pagi : pemberian pelet 100gr/150gr  (vitamin C), kemudian botol di belah 2,dengan merk pelet GF di timbang skitar 150gr,ingat pemberian pelet kelinci hanya sekali di pagi hari..
- cek botol minum/air klo udah abis isi yaa...
- cek kesehatan kelinci
- cek kebersihan kandang
- lanjut Ngarit ( kalo sempet dan ga maless wkwkwk )
- rumput hasil ngarit jangan langsung di kasih kelinci,di angin2kan aja dlu sampe layu baru di kasih kan pada sore hari.
begitu seterus nya sampe 4 bulan wkwkwk..jangan kburu bosen yaa,niat kudu mantep broo... smangat..

6. Manajemen pemeliharaan

Seluruh kegiatan no 5 diatas makan waktu skitar 1 jam perhari, 
sekarang kita hitung konsumsi pelet nya dengan harga kira2 nih ya.. soalnya beda tempat beda juga harga pelet nya
misalkan :

pelet Merk A
perkarung berat 20kg
harga = Rp.200rb
perkilo =Rp.10.000,
per 100gr =Rp.1000
misal 1 ekor kelinci mengkonsumsi 100gr pelet tiap hari,
untuk 10 ekor,brarti perhari makan pelet 1kg = RP.10.000
100gr x 10 ekor = 1000gr/1kg
berarti sebulan 1kg x 30 hari = 30kg
30kg x 10.000 = rp.300.000

untuk masa pembesaran ini makan waktu sekitar 120 hari atau 4 bulan
brarti butuh dana sekitar rp.1.200.000 mayan juga kan bro wkwkwk
untuk sementara kerja bakti dulu yaa karena blom ada penghasilan dari kelinci,itung2 ongkos belajar dahh hahaha..
daaaannn 4 bulan berlalu kelinci ane dah berusia 6 bulan nih... akhirnya siap kita kawinkan...( akhir nyaaaah...

perjuangan belom berakhir gaann.. masih panjangg
sekarang kelinci nya udah umur 6 bulan nih,siap kita kawin
skor sementara betina 8,jantan 2 ekor semua nya selamat dan sehat sampe umur 6bln,
-langkah selanjut nya kita perlu namanya "breeding Record" atau catatan ternak sesuai di gambar yg tulisan nya DOE Performance
nih keterangan di catatan ternak gan

Doe = betina,performance = prestasi atau daya guna
Name = nama kelinci
Ear = nomor telinga ( biasa nya telinga kiri di tatto sbagai identitas nya )
DOB = Date Of Birth ( tanggal lahir kelincinya gan)
Date = tanggal kawn
Buck = jantan yg dikawinken
exp = expectation perkiraan,positif bunting ato negatif,ato perkiraan lahir 
Real = waktu lahir yg sebenernya (kadang2 beranak ga sesuai jadwal)
Live = jumlah anakan yg idup
dead = jumlah anakan yg tewas


Catatan ternak ini sangat penting gan... klo kegiatan kawin ga di tulis tar branak nya ga ktauan bisa2 anakan tewas semua rugi kan jadi nya,dan banyak lagi keuntungan catetan ini,percaya deehh ini penting,jangan ampe ga dibuat.. oke??

-selanjutnya siapin Nestbox ( kotak Beranak ) untuk kelinci ukuran sedang ane pake kotak ukuran lebar25cm x panjang45cm x tinggi15cm
klo tuk kelinci mini bikin yg kecilan gan.
ok kita masuk ke fase kawin
sblum kita mengawinkan kelinci perlu kita pelajari dlu ciri2 kelinci yg sudah pengen ato siap,ni ane jabarin tapi klo ada yg kurang tolong di tambahin ya..

1. kelinci sudah cukup umur,ukuran kelinci mempengaruhi
kelinci mini bisa di kawinkan pada umur 5 bulan
kelinci ukuran sedang bisa di kawin kan umur 6-7 bulan
kelinci ukuran besar bisa di kawinkan pada umur 8-10 bulan
2. kelinci jantan memiliki kantong buah zakar,kelinci jantan biasa nya menggosokan dagu nya sbgai tanda klo dia sedang birahi.
3.kelinci betina birahi biasa nya ditandai dengan perubahan warna merah pada kelamin,sering mengaruk2 pojokan kandang,menggosokan dagu,dan apabila di usap punggung nya dia otomatis mengangkat bagian bokong nya.
ada pun tata cara nya :

*pastikan suhu kandang di bawah 28'Celsius kenapa? karena tingkat keberhasilan lebih besar di suhu yg dingin,sperma jantan tidak bisa bertahan lama di suhu tinggi,gitu gan,jgn lupa berdoa juga gan hehe..
*Masukan kelinci betina kedalam kandang jantan.jangan terbalik.!
perhatikan baik2 krna perkawinan kelinci jika berhasil hanya makan waktu skitar 1-2 menit saja!

* berhasil nya perkawinan kelinci di tandai dengan terangkat nya bokong betina dan terkulai nya sang jantan,tandanya "penetrasi sukses" hal ini perlu di ingat baik2 ya gaess..
klo kedua kelinci cuma kuch kuch hotta hai alias muter2 doang,maka dapat di pasti kan perkawinan gagal..! atau dengan kata lain sang BETINA belom siap.

*ada juga keadaan betina sangat birahi tapi sang jantan agak loyo melambaii... jadi deh cewe nya diatas sang cowo di bawah,gagal kawin dah klo gitu... wkwkwk

*di usahakan dalam mengawinkan kelinci serempak gan,biar nanti pas beranak juga bareng,byk untung nya ga klo pake metode ini.

karena kelinci2 nya udah masuk masa produksi,brarti kita perlu nambahin jadwal kawin nih,selain kasih makan minum dll.
kita ambil contoh jadwal kawin di mulai dari tanggal 1 Januari ya gan.

# tanggal 1 Januari 

bangun subuh2 gan karena udara masih dingin,
krana kita punya 2 jantan kita sebut aja jantan A dan Jantan B
sedang nya kita punya indukan betina 8 ekor kita sebut aja 
Betina 1 s/d betina 8
selanjutnya 
masukan betina 1 ke kandang jantan A
masukan betina 2 ke kandang jantan B
pastikan perkawinan Berhasil..!
jika betina 1 x jantan A tidak terjadi penetrasi
maka ganti dengan Betina 3
begitu seterusnya sampe ada yg berhasil.
jika kedua jantan dan betina berhasil kawin segera di catat di catatan ternak dengan tanggal 1-1-2016 isi buck nya sesuai dengan pasangan nya.
maka selesai kegiatan kawin di pagi hari alias malam pertama wkwkwk..
dan kegiatan kawin di lanjutkan pada malam hari di tanggal yang sama dengan indukan betina yg berbeda,pastikan semua indukan betina sukses di kawin kan, berarti 1 hari bisa mengawinkan 4 ekor betina,
lanjutt..

Tanggal 2 januari 
kegiatan sama kaya diatas gan... jadi penghulu lagi...
klo ada betina yg blom mau kawin,brarti kegiatan penghulu di lanjut kan esok hari nya sampe kawin nya sukses.
stelah perkawinan berhasil kita tunggu sampe 15 hari baru kita lakukan pengetesan,apakah positif bunting atau negatif
tanggal 15 januari 
waktu nya tes kehamilan 
ada 2 cara untuk ngetes kehamilan kelinci

1. Palpasi,yaitu tehnik meraba perut kelinci untuk memastikan ada nya fetus atau janin,cara ini lumayan sulit bagi pemula,silahkan minta bantuan peternak senior supaya diajari palpasi,sogok aja pake roko sebungkus ama nasi padang.. wkwkwk
2. di kawin kan ulang,jika betina tsb di kawinkan trus terjadi penetrasi,berati perkawinan pertama di nyatakan GAGAL/NEGATIF.

tapi jika betina tsb di kawin kan,trus betina nya menolak dan bunyi sperti grukk.. grukk... kroekkk kroekk.. maka kemungkinan besar betina tersebut sudah positif bunting gann... selamat....


Sampai sini paham ya gan... klo ga paham tulis di komen monggo..
terus ngpain lagi? tunggu sampe anakan besar dan dan bisa di pisah dari induknya/sapih
dalam kondisi menyusui anakan umur 2 minggu,indukan sudah bisa di kawin kan kembali,indukan bisa sambil menyusui sambil bunting

coba kita itung anakan yg di dapat dari 8 induk
1 induk min 5 ekor anak
5 ekor x 8 = 40 ekor di tambah indukan 10
jadi total kita punya kelinci 50ekor dalam waktu 6 bulan
siapin dah kandang lagi.. jangan sampe over populasi
karena indukan betina akan segera beranak lagi dan lagi... wkwkwk..
kegiatan selanjutnya menyortir dan Culling 
"buang yg Jelek,Simpen yang Bagus"
pilih kelinci yg mana yg mo di simpan,
pilih yg mana yg mo di jual,
pilih yg mana yg mo di potong/cut
pillih anakan buat bakal jadi indukan
pilih anakan buat pengganti indukan
dll

Sudah terlalu panjang yah gan, saya bercerita panjang lebar wkwkwkw, semoga tips yang saya bagikan bermanfaat dan berguna untuk kita semuanya, salam cinta dari ujung kandang. hidup peternakan indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "6 Rahasia sukses beternak beternak kelinci"

  1. Kelinci d bikin sate enak gan😀😀😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan enak dan gurih serta mengandung protein yang tinggi

      Delete
  2. Patut di coba nih saran makasih infonya ya bermanfaat sekali

    ReplyDelete

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel