link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

membantah isu telur palsu

selamat pagi kawan kawan, akhir akhir ini Isu telur palsu marak di media sosial  sangat meresahkan konsumen dan sangat merugikan peternak ayam petelur. untuk menjawab keresahan tersebut maka saya membuat postingan ini. Saya tegaskan sekali lagi bahwa isu yang viral mengenai telur palsu adalah hoaks!

vidio yang meresahkan masyarakat salah satunya adalah vidio berikut

 terlihat dari vidio tersebut tampak seoraang pria sedang menerangkan ciri ciri telur palsu.
setelah viralnya vidio tersebut Kementerian Pertanian sendiri bersama kepolisian memeriksa langsung telur yang dikabarkan palsu itu, mengujinya di laboratorium telur dan ternyata itu telur asli.

sebenarnya, secara akal sehat dan logika  kita apa bener ada telur palsu,  Harga telur yang dipalsukan pasti jauh lebih mahal dari aslinya karena membutuhkan bahan dan teknologi untuk merekayasa model telur dan cangkangnya.dan mennurut saya isu ini sendiri dibuat untuk menjatuhkan peternak terutama peternak rakyat dan peternakan kecil. isu tersebut dibuat untuk menakut nakuti masyarakat. saya juga melihat diberita online omset peternak turun sampai 40% bagaimana indonesia bisa berkembang bila dalam pemenuhan gizi terutama protein tidak terpenuhi ?

utnuk menepis isu, maka saya bagikan tips ciri telur yang baik, bisa disimak gambar berikut

menurut SNI teur yang baik adaah sebagai berikut
Kualitas AA (Mutu 1)
gambar membantah isu telur palsu
membantah isu telur palsu
Kondisi telur bersih, halus, licin, tidak retak, dan bentuknya normal. Kedalaman kantung udara tidak boleh lebih dari 3,2 mm (SNI : < 0,5 cm). Putih telur harus bersih, kental dan stabil, dengan konsistensi seperti gelatin, Ketika diteropong, kuning telur tidak bergerak-gerak, berbentuk bulat, terletak deitengah telur, kuning telur dan bersih dari bercak darah atau noda apapun. Bayangan batas-batas kuning dan putih telur ketika di teropong tidak terlihat jelas.
Kualitas A (Mutu 2)
Cangkang telur bersih, halus, licin, tidak retak, dan bentuknya normal. Kedalaman rongga udara tidak boleh lebih dari 4,8 mm (SNI : 0,5-0,9 cm). Putih telur harus bersih, dan kental. Bayangan batas-batas kuning dan putih telur ketika diteropong mulai terlihat agak jelas. Kuning telur berbentuk bulat, posisinya di tengah, harus bersih, dan tidak ada bercak atau noda.

Kualitas B (Mutu 3)
Cangkang bersih, tidak boleh retak, agak kasar, dan mungkin bentuknya abnormal. Kantung udara lebih dari 1,6 mm
(SNI : > 1 cm). Putih telur encer, sehingga kuning telur bebas bergerak saat diteropong. Ada noda sedikit, tetapi tidak boleh ada benda asing lainnya dan bagian kuning belum tercampur dengan putih. Kuning telur terlihat gepeng (pipih) bentuknya, agak melebar, bintik atau noda darah mungkin ada, tetapi diameternya tidak boleh lebih dari 3,2 mm.



saya bagikan juga tips menyimpan telur konsumsi supaya tahan lama dalam penyimpanan,  biar tidak gampang busuk dan kualitas telur dapat terjamin kualitasnya
penangan dan penyimpanan telur yang benar
penangan dan penyimpanan telur
bagaimana kawan setelah membaca informasi tadi, masih percayakah isu telur palsu ? ... Jangan takut untuk mengkonsumsi protein hewani ya, terutama telur. sekian semoga postingan kali ini bermanfaat untuk kita semuanya, salam cinta dari ujung kandang, hidup peternakan indonesia.
salam peternak muda.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "membantah isu telur palsu"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel