link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>

Maksimalkan Potensi Genetik Ayam





بسم ا لله الر حمن الر حيم


Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.


bselamat pagi semuanya kali ini saya akan posting tentang

Maksimalkan Potensi Genetik Ayam

cara Maksimalkan Potensi Genetik Ayam
Maksimalkan Potensi Genetik Ayam



dalam pemeliharaan unggas aspek yang paling penting adalah memaksimalkan mas starter terutama masa brooding berikut tipsnya. 

Aspek Penting Pemberian Pemanas Selama Brooding

Pengaturan dan pemakaian pemanas:


·      Pasang alat pemanas yang sudah disiapkan beserta perlengkapan lainnya sesuai dengan rekomendasi dari supplier dan sesuai kebutuhan.
·      Pemanas dinyalakan sebelum DOC ditebar ke dalam kandang, untuk mengkondisikan lingkungan kandang dengan temperatur area broodingsesuai kebutuhan anak ayam. Sehingga DOC yang ditebar ke dalam area brooding, diharapkan langsung dapat beradaptasi.
·      Sesuai kondisi iklim tropis, lama waktu pemanasan awal (pre-heating)sebelum DOC ditebarberkisar antara ½-2 jam tergantung jenis alat pemanas yang digunakan dan disesuaikan dengan kondisi iklim, tipe kandang dan sistem pengaturan tirai kandang. Temperatur udara pada area brooding saat pre-heating berkisar antara 18o-30C dan temperatur pada litter harus sudah didapat antara 32o-38C (diukurdengan Space Thermometer), posisi di bawah infrared radiant heater(alat pemanas) pada kandang dengan sistem lokal brooder.

Pengaturan Temperatur Selama Brooding
Pengaturan alat pemanas, tempat pakan dan minumserta luas areabrooding, sangat mempengaruhi kondisi ideal dalam area brooding. Untuk memastikan agar ayam dapat tumbuh sehat dan relatif tahan terhadap gangguan penyakit, serta memberikan respon yang baik terhadap semua perlakuan manajemen yang diberikan selama periode awal pertumbuhannya, pastikan ayam ditempatkan pada brooding sistem (indukan buatan) selama 2-3 minggu pertama atau tergantung kebutuhan dan kondisi cuaca/iklim di lapangan.
Temperatur lingkungan yang dibutuhkan oleh anak ayam umur 1-7 hari antara 32o-34C. Temperatur di bawah 30C membuat anak ayam menjadi tidak mampu untuk menjaga temperatur tubuhnya, sehingga dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan dan perkembangan selanjutnya dari anak ayam tersebut.
Selama anak ayam ditempatkan dalam indukan buatan, agar ayam tetap merasa nyaman, beberapa hal berikut harus diperhatikan:

·      Anak ayam (DOC) yang ditempatkan dalam area brooding, di mana temperatur untuk menghasilkan rasa hangat sudah diatur sebelumnya, sesuai dengan kebutuhan anak ayam.
·      Untuk setiap kandang dengan menggunakan gas brooder radiasi infra merah sebagai alat pemanasnya, tidak diperlukan lagi adanya chick guard dan tirai dalam untuk menjaga udara hangat dalam areabrooding.
·      Pada umur satu hari, khususnya pada malam hari anak ayam membutuhkan temperatur pada lantai brooding atau pada level ketinggian anak ayam antara 32o-38C dengan temperatur untuk seluruh ruangan berkisar antara 18o-28oC atau tergantung kondisi cuaca. Temperatur dalam area brooding dan lantai kandang dapat dikurangi 2C setiap 4-5 hari, sampai akhirnya disesuikan dengan temperatur seluruh ruangan pada kandang sistem terbuka.
·      Sebagai indikator yang baik, apakah temperatur yang dibutuhkan oleh anak ayam sudah sesuai atau tidak, dapat dilihat dari pola penyebaran anak ayam dalam area brooding. Untuk membuat temperatur yang ideal dalam area brooding sesuai dengan kebutuhan anak ayam, disamping dengan cara mengatur intensitas panas dari sistem pembakaran yang dihasilkan oleh alat pemanas yang dipergunakan, juga dengan mengatur ketinggian alat pemanas. Pastikan bahwa anak ayam tetap merasa hangat dan terdistribusi merata dalam areabrooding, baik saat siang mapun tengah malam hari.

Demikian yang dapat penulis sampaikan berkenaan dengan pentingnya optimalisasi pemakaian pemanas selama periode brooding untuk memaksimalkan keberhasilan pemeliharaan ayam modern. Semoga artikel sederhana ini, bermanfaat untuk para pembaca, khususnya para peternak ayam.
semoga postingan ini bermanfaat,sekian dan terimakasih  ​Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.​  salam cinta dari ujung kandang

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Maksimalkan Potensi Genetik Ayam"

Post a Comment

silakan berkomentar dengan sopan yah :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel